Teknologi baru dalam pembuatan film

Oleh Catie Peiper | 8 Januari 2018

Salah satu daya tarik terbesar di dunia kreatif adalah adanya kemajuan teknologi secara terus menerus – dan seperti yang akan dikatakan sejarawan film, sejak dahulu saat munculnya technicolor ke saat ini VR, teknologi barulah yang mendorong proyek kreatif dan mengubah arah industri. Seiring kemunculan tren baru ini, peluang baru bagi pembuat film dan pencipta stock shot / media juga muncul. Dalam kata-kata pembuat stock video John Farr, “Dengan penggunaan alat-alat baru ini dengan benar, pembuat video akan dapat bekerja lebih cepat dan dengan anggaran yang lebih kecil seraya membuat video dengan kualitas lebih tinggi.”

Itulah sebabnya kami mewawancarai kontributor kelas atas Paul Prescott dan John Farr tentang empat tren teratas yang mereka lihat muncul di video saat teknologi berubah. Inilah yang mereka katakan.

Drone adalah perangkat yang akan menentukan bentuk Industri

Oleh: RoofusFilms

Paul Prescott:

Sebelumnya, footage dari udara adalah monopoli pesawat terbang dan helikopter. Dengan munculnya pesawat tak berawak atau drone, rekaman udara menjadi lebih banyak dibuat dan digunakan. Namun, drone seharusnya tidak hanya digunakan untuk shooting dari udara, tapi untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda dalam pengambilan video. Drone bisa digunakan sebagai ganti crane atau rig kamera untuk stabilisasi. Sampai-sampai bahkan digunakan di dalam ruangan di studio. Drone kelas tinggi dari DJI mampu merekam video dalam format RAW.

Saya sudah bekerja menggunakan drone selama 3 tahun terakhir. Saat ini, teknologi perangkat lunak telah berkembang begitu cepat sehingga regulasi penerbangan belum bisa mengikuti. Dari semua kemajuan teknologi video, teknologi drone berada di garis terdepan.

John Farr:

Saya kagum dengan diperkenalkannya teknologi drone dan pesatnya perkembangan dan persaingan baru di pasaran. Kemunculan drone telah menambahkan metode baru yang bisa menghadirkan perspektif shot yang menakjubkan yang bahkan helikopter pun tidak bisa mencapainya. Nilai produksi shot yang ditawarkan di pasar rekaman stock mengalami peningkatan pesat dan sebagian besar disebabkan oleh teknologi drone dan gimbal.

Drone dengan kemampuan 4K sangat menyenangkan untuk digunakan dan diterbangkan, dan mereka membawa kapabilitas sudut pengambilan gambar dinamis baru dengan persiapan produksi yang cepat. Tentu saja, selalu ada kemungkinan kecelakaan atau gangguan pada orang lain, jadi anda perlu mengetahui peraturan di sekitar tempat Anda menerbangkan drone, mendapatkan lisensi komersial, dan sering memperbarui peralatan sehingga tidak menjadi usang.

DSLR perlu mengejar ketertinggalannya.

Oleh: Dimasikmd

Paul Prescott:

Sepuluh tahun yang lalu, kamera DSLR adalah batu loncatan untuk pembuatan film. Namun, dengan kamera DSLR tertinggal dalam hal teknologi 4K berkualitas tinggi, para pembuat stok video mulai beralih ke peralatan khusus pembuatan film, seperti kamera Blackmagic atau Canon Cinema entry level.

John Farr:

Pada tahun 2018, kami berharap munculnya beberapa kamera DSLR 4K 60p full frame yang lebih berkualitas baik tapi hemat biaya. Kamera DSLR dengan ukurannya membantu kesempatan shooting yang unik yang kadang-kadang sulit dilakukan dengan kamera yang lebih besar. Akan sangat bagus jika teknologi kamera DSLR bisa menyusul.

VR Masih Memiliki Potensi yang Belum Terwujud

Kredit: DryftVR

Paul Prescott:

VR 360 belum menyebar seluas yang kita duga tiga tahun yang lalu; Namun, VR tetap merupakan cara yang mengagumkan untuk menonton video. VR 360 yang dipasang pada drone sudah membantu membawa rekaman udara ke tingkat yang berbeda. Menurut saya, stok VR sangat terbatas untuk saat ini, karena jika seorang klien ingin membangun proyek VR, mereka harus menyewa perusahaan yang mengkhususkan diri pada VR. Namun, begitu ada proyek khusus VR dibuat, akan memberi lebih banyak ruang bagi stok VR untuk dijual.

Peralatan-peralatan baru bisa menaikkan kualitas dan nilai produksi

Kredit: Van_yog

John Farr:

Selama beberapa tahun terakhir kami menambahkan gimbal genggam, kamera berpenggerak dengan lintasan geser melengkung / lurus dan drone 4K pada koleksi peralatan produksi kami. Keunggulan gimbal genggam adalah dolly yang menakjubkan dan kemulusan dalam tracking. Kekurangannya, pengaturan dan penyeimbangan bisa menjadi masalah, dan ada sedikit potensi melambung saat berjalan. Manfaat dari slider melengkung bermotor adalah potensi berbagai sudut shot yang dinamis dan pada kehalusannya.

Di sisi lain, sulit bekerja dengan kamera yang lebih berat pada permukaan yang tidak horisontal, dan ada risiko jejak yang lebih besar saat bekerja di sekitar orang banyak. Biaya untuk membawa alat ini ke tempat rekaman menjadi terjangkau karena kemajuan teknologi dan persaingan produk di pasar. Dengan penggunaan alat-alat baru ini dengan benar,anda dapat sangat meningkatkan nilai produksi dari pekerjaan anda.

Paul Prescott:

Selain drone, saya juga pernah menggunakan DJI OSMO untuk video tentang perjalanan. Perlengkapan kecil, ringan dan stabil ini sangat praktis saat bepergian. Namun memiliki keterbatasan dalam pencahayaan rendah.

Sudahkah anda terinspirasi dan ingin menggunakan teknologi baru ini?

Diambil dari tulisan Catie Peiper di https://blog.storyblocks.com/news/emerging-technology-filmmaking/?utm_v=2&utm_source=bb&utm_medium=internal&utm_campaign=VB–contributor+video+cio–&campaign_date=2018-01-10&utm_content=blogv2-emerging+tech-tips-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s