Transformasi digital, sebuah panduan (1)

Transformasi digital adalah suatu perubahan yang meliputi segala aspek bisnis dan organisasi dengan tujuan memperbesar peluang yang dibawa oleh teknologi digital dengan segala dampaknya dengan cara yang strategis dan runtut, demi perubahan-perubahan yang terjadi saat ini maupun di masa depan.

Perubahan yang terjadi salah satunya adalah dalam hal kompetensi baru demi menjadikan perusahaan lebih lincah, people-oriented, inovatif, customer-centric, streamlined, efisien, dan bisa membawa / memperbesar peluang untuk mengubah status quo dan mengambil keuntungan dari pemasukan yang diakibatkan oleh informasi dan jasa. Usaha dan strategi untuk bertransformasi digital sering kali dijumpai dan lebih urgent pada pasar dengan derajat komoditisasi yang tinggi.

Perubahan-perubahan yang terjadi, baik saat ini maupun di masa depan, telah memaksakan diterapkannya strategi transformasi digital dengan segera. Hal tersebut ditimbulkan oleh beberapa penyebab, yang sering kali bersamaan, di tataran perilaku dan kehendak konsumen, keadaan ekonomi yang baru, pergeseran sosial (contoh: populasi yang kian menua), gangguan ekosistem dan industri, dan penerapan dan inovasi teknologi digital, baik yang baru maupun yang sudah ada.

Dalam prakteknya, optimisasi pengalaman pelanggan (customer experience) secara menyeluruh, inovasi dan fleksibilitas operasional, menjadi kunci transformasi digital, bersama dengan pengembangan sumber pendapatan baru, dan ekosistem harga yang dihasilkan oleh informasi, yang semua hal tersebut menimbulkan terjadinya transformasi model bisnis.

Transformasi digital adalah suatu perjalanan dengan banyak tujuan antara yang saling berhubungan, yang pada akhirnya berusaha mencapai optimisasi yang berkelanjutan yang melintasi berbagai proses, divisi, dan lingkungan bisnis yang sangat bersambungan satu sama lain, dan kunci keberhasilan perjalanan tersebut adalah membangun jembatan yang tepat.

Strategi transformasi digital bertujuan untuk menciptakan kemampuan memaksimalkan potensi dan peluang teknologi baru, beserta dampaknya, secara lebih cepat, lebih baik, dan lebih inovatif. Perjalanan ini memerlukan pendekatan secara bertahap dengan pemetaan yang jelas. Perlu melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan tidak boleh dibatasi batasan internal maupun eksternal. Pemetaan ini harus sudah memperhitungkan bahwa tujuan akhir akan terus bergerak, karena kenyataannya transformasi digital itu sendiri adalah perjalanan yang berkelanjutan, sebagaimana halnya perubahan dan inovasi digital. (bersambung..)

Tulisan di atas dikutip dan diterjemahkan dari: https://www.i-scoop.eu/digital-transformation/ dan akan disajikan secara bersambung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s